Sabtu, 24 November 2012

Inggris Kembangkan Internet Berkecepatan 40 Gbps

Belum lama ini publik dunia menaruh perhatian pada salah satu proyek Google yang membuat layanan internet 1 Gbps di wilayah Kansas dan Missouri. Sahabat   Namun ada berita yang cukup menghebohkan yakni sebuah Universitas asal Inggris berhasil menciptakan fasilitas internet super cepat hingga 40 Gbps.

Otomatis fasilitas internet yang dikembangkan oleh Universitas tersebut melampaui jauh di atas proyek perusahaan search engine terbesar di dunia. Saat ini Universitas Bangior Wale telah menggarap sebuah fasilitas internet yang mencapai kecepatan 20 Gbps.

Tim ilmuwan yang bertugas dalam proyek internet 20 Gbps menyatakan bahwa kecepatan layanan internet yang dirancang dapat diupgrade hingga mencapai 40 Gbps. Anehnya metode internet super ngebut ini diklaim tidak akan menguras duit si pengguna.

Proyek internet ngebut ini memakai (OOFDM) singkatan dari Optical Orthogonal Frekuency Division Multiplexing. Tim peneliti juga mengungkapkan bahwa OOFDM telah menyelesaikan permasalahan kesalahan transfer data pada media serat optik. Sehingga kecepatan internet dapat meningkat berlipat-lipat.

Seorang doktor dari Universitas Bangior, Roger Gidding berkata sistem OOFDM adalah satu-satunya metode internet di dunia yang dapat membawa pemancar dan penerima bekerja secara real time.

Publik dunia pasti berharap pada kesuksesan pengembangan metode internet super cepat ini. Sehingga aktivitas upload dan download file tidak memakan waktu yang sangat lama, seperti yang dialami para pengguna internet di negeri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar